2015 Status FB-2 Aku... Mengapa Datang Tarbiyah?

24 Jul 2016



18 September 2015 M

Sayup-sayup angin meniup ujung jilbabku
Ujungnya terayun lembut selembut hidayah menyambutku saat itu
Dan angin tidak sekedar berlalu
Ia menitipkan sebuah pesan yang syahdu...
"Duhai... Perindu syurga... Jangan berhenti melangkah..."

Aku...
Mengapa datang tarbiyah?
Saat kurasa gemerlapnya masa muda
Dengan ambisi yang senantiasa merekah-rekah
Menjadi bukan sekedar 'siswa'
Tapi 'mahasiswa'...

Aku...
Mengapa datang tarbiyah?
Padahal istirahat di kost begitu menarik gairah
Setelah penat menghadapi mata kuliah
Dan setumpuk tugas dari dosen tercinta

Aku...
Mengapa datang tarbiyah?
Ketika teman-teman mengajak ke mall untuk belanja
Atau karokean di hari yang sudah senja
Atau habiskan waktu di bioskop untuk film yang sedang ternama

Aku...
Mengapa datang tarbiyah...?
Demi untuk duduk di depan murobbiyah
Komat-kamit sepanjang tarbiyah
Sementara aku hanya terpaku mendengarnya

Aku...
Mengapa datang tarbiyah...?
Padahal dikejar setoran hafalan alQuran dan hadits tiap pekannya
Atau ditambah tugas tarbiyah yang menambah tumpukan kerja di atas tugas kuliah

Namun lihatlah!
Aku...
Datang tarbiyah!
Tak peduli teriknya matahari yang tersenyum merona
Atau titik-titik hujan yang hinggap di jilbab yang mengena

Lihatlah aku datang tarbiyah!
Dengan mushaf dan catatan tarbiyah
Juga pulpen sebagai senjata
Karena kutahu menuntut ilmu itu jihad juga namanya

Aku datang tarbiyah!
Terkadang hanya untuk melihat senyuman murobbiyah
Yang mampu beri ketenangan karena berkah ilmu yang diberinya

Aku bahagia karena tarbiyah!
Di sinilah hidayah itu menyapa
Di sinilah ilmu menjadi pelepas keringnya ruhiyah
Di sinilah kumengerti sejatinya menjadi muslimah yang dicintaiNya...

Di sinilah...
Aku jatuh cinta...

0 komentar: