BAGIAN II, SIAP-SIAP DENGAN PENGUMUMAN UN (UJIAN NASIONAL)

28 Apr 2011

Selasa, 05-12 April 2011
Hum..., lagi menunggu pengumuman ujian nasional? Memang sangat menegangkan dan penuh rasa penasaran. Tapi, berserahlah pada ALLAH Subhanahu wa Ta'ala, Teman...
Apa persiapan kamu menghadapi pengumuman kelulusan nanti? Satu saja, berserah diri hanya kepada ALLAH Subhanahu wa Ta'ala. Jangan sampai ada ritual-ritual aneh, yah?


Misalnya, ke suatu kuburan yang orang di dalamnya waktu hidup terkenal shaleh dan ‘alim untuk minta pertolongan, mengambil tanah kuburannya, atau ritual-ritual aneh lainnya. Masya ALLAH, semoga kita terlindung dari kegiatan-kegiatan syirik seperti itu.


Atau malah ada yang sudah mempersiapkan uang segepok untuk menyogok? Hummm...., tidak, dong??? Kita, kan, makhluk beragama dan bermoral!


Jadi, apa persiapan kamu sekarang?


• Shalat tahajjud tiap malam memohon kepada ALLAH Subhanahu wa Ta'ala diberikan yang terbaik?
• Shalat duha tiap hari memohon rezeki kepada ALLAH Subhanahu wa Ta'ala?
• Berdo’a tiap waktu utamanya hari Jum’at yang diawali dengan shalawat kepada Rasulullah Shallallahu 'Alayhi wa Sallam? (kita memang dianjurkan untuk memperbanyak shalawat dan berdo’a pada hari Jum’at)
• Memperbanyak berdo’a ketika hujan turun dan di antara dua adzan (antara adzan dan iqamah)?


Semua itu bisa kita lakukan, semoga bermanfaat. Ada satu lagi, “menolong agama ALLAH Subhanahu wa Ta'ala”, bagaimana caranya?



1. Melaksanakan segala kewajibanmu sebagai seorang Muslim atau Muslimah, shalat wajib lima kali sehari semalam, menutup aurat, dan sebagainya...
2. Berpuasa sunnah.
3. Mengajak saudara-saudaramu dalam kebaikan, misalnya jangan minum berdiri, jangan makan berdiri, makan dan minum dengan tangan kanan, masuklah ke dalam toilet dengan kaki kiri lebih dulu dan keluar dengan kaki kanan lebih dulu, tidak meninggalkan membaca al-Quran di tiap harinya, dan sebagainya.


Kenapa harus dengan menolong agama ALLAH Subhanahu wa Ta'ala? Karena,


Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Qs. Muhammad [47] : 7)


Tapi, apakah mentalmu sudah siap menerima dua kemungkinan pengumuman kelulusan kamu? Sesungguhnya rezeki itu hanya dari ALLAH Subhanahu wa Ta'ala bagi siapa yang dikehedaki-NYA.


Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)." Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya. (Qs. Saba’ [34] : 39)


Walau bagaimana pun, kamu harus berikhtiar dan menyeimbangkan harapan dan takut kamu kepada ALLAH Subhanahu wa Ta'ala. Berharap dengan harapan yang sebesar-besarnya ALLAH Subhanahu wa Ta'ala akan memberi kamu yang terbaik dan takut yang sebesar-besarnya do’a kamu tidak dikabulkan. Tapi, yakinlah, apa pun yang kamu dapatkan nanti itulah yang terbaik buat kamu. Keep spirit yah!!!


Semoga bermanfaat, waLLAHU a’lam... [BERSAMBUNG BAGIAN III]

0 komentar: